Sabtu, 14 Mei 2011

"NATAL MELEPASKAN KITA DARI KETAKUTAN"

Natal Melepaskan Kita Dari Ketakutan disadur Dari Khotbah Pdt. Daniel S. Kusbin, pada tgl 9 januari 2010 di TVRI

Selama manusia masih tetap tinggal dalam dunia ini manusia tidak akan pernah lepas dari ketakutan.
Apapun tingkat golongannya, kaya-miskin, tua-muda, besar-kecil pastilah semuanya akan tetap merasakan namanya ketakutan. Kita merasa takut ketika kita diperhadapkan dengan sesuatu yang mengerikan atau hal-hal yang menakutkan. Ketakutan itu normal tetapi tinggal dalam ketakutan itu tidak normal.
Dalam Injil Lukas diceritakan ada gembala-gembala yang tinggal dipadang menjaga ternak pada waktu malam dan tiba-tiba malaikat Tuhan berada didekat mereka dan mereka sangat ketakutan.
Gembala-gembala adalah gambaran Umat manusia .
Waktu malam adalah gambaran dari kegelapan ( dunia yang penuh kegelapan).
Ketika kita hidup didalam kegelapan maka hidup kita akan dipenuhi dengan berbagai ketakutan,
Sehingga hidup kita tidak dapat membedakan warna-warni kehidupan.
Tetapi syukur kepada Allah “ Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan
AnakNYa yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup
yang kekal (Yohanes 3:16) Natal melepaskan kita dari ketakutan.

Ada beberapa hal yang membuat manusia hidup dalam ketakutan:

*Pikiran kita sendiri.
Pikiran adalah medan pertempuran. Ayub berkata: Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. Aku tidak mendapat ketenangan dan ketentraman; aku tidak mendapat istirahat, tetapi kegekisahan yang timbul.” (Ayub 3:25-26) Orang yang hidup dalam ketakutan akan mengalami makan tak enak dan tidurpun tak nyenyak, oleh sebeb itu saudara jangan sampai pikiran kita menguasai hati kita sehingga kita menjadi buta secara rohani dan tidak dapat melihat karya Tuhan.
Marilah kita selalu menaruh pikiran dan perasaan seperti Kristus Yesus (berpikir positif) maka ketakutan akan pergi.

*Kita lebih mendengarkan manusia daripada Allah. (I Sam 15:1-35)
Saul sebagai seorang raja dia merasa takut kalau-kalau apa yang diingankan rakyatnya. Sehingga yang seharusnya dia harus menuruti perintahTuhan dangan harus membunuh bangsa Amalek, malahan dia tidak mau membunuh raja dan ternak-ternak yang baik dari jarahan tersebut dengan alasan akan mempersembahkan korban bagi Tuhan, sehingga dia diturunkan menjadi raja, seandainya kita mau untuk tetap mandengarkan rencana dan suara Tuhan kita tidak perlu takut kepada siapapun karena seperti raja Daud katakan Bahwa serta dengan Allah kita lakukan perkara-perkara yang besar dan gagah perkasa (Mazmur 60:14).

*Kita lebih mengandalkan manusia dari pada kekuatan Allah.(Yeremia 17:5).
Beginilah firman Tuhan: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! Ketika kita mengandalkan kekuatan kita maka kita akan hidup dalam kutuk dan hidup kita akan mengalami banyak ketakutan karena kekuatan kita terbatas tetapi kekuatan Tuhan tidak terbatas. Andalkan Tuhan disetiap langkah hidup kita maka berkat Tuhan akan melimpah dan ketakutan akan sirna, kalau Allah dipihak kita siapakah yang dapat melawan kita. Roh yang ada didalam kita lebih besar dari semua roh-roh yang ada di dunia ini (termasuk roh ketakutan).

*Kita selalu menengok kebelakang.
Kegagalan masa lalu sering kali membuat kita ketakutan sendiri, kita takut orang tahu masa lalu kita yang suram atau kita takut orang tidak mau bergaul dengan kita kalau orang tahu masa lalu kita. Dalam Zakaria 8:13 dikatakan kalau dahulu kita tidak menjadi berkat sekarang kita akan menjadi berkat karena Allah akan memulihkan kita. Persoalannya asal kita tidak mengingat-ingat masa lalu kita dan kita tetap mengarahkan pandangan rohani kita kedepan. Tuhan memiliki rencana yang indah dalam tiap-tiap pribadi asal kita menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada dia dan berlindung padanya dan melakukan perintahnya dengan setia. Contoh orang yang menengok kebelakang isteri Lot akhirny a dia menjadi tiang garam.

Mengapa kita tidak perlu Takut ?

1. Karena ada berita kesukaan besar (ayat 10)
Dunia ini penuh dengan berita-berita yang menakutkan, berita kesusahan, berita peperangan,berita gosip,
bencana Alam, sakit penyakit, kecelakaan, kelaparan, krisis global, berita kesusahan tetapi saudara tidak perlu takut karena ada satu berita kesukaan besar, kabar baik, berita kemenangan, berita kepastian keselamatan, berita tentang kelahiran Yesus Kristus.
Kelahiran Yesus membuat hidup kita jadi berarti, dosa diampuni dan kita mendapat hidup kekal, didalam Dia kita menjadi ciptaan yang baru sehingga kita menjadi berharga dimata Tuhan.
Kelahiran Yesus memberi teladan buat kita yaitu Kasih yang sempurna.
Hadirkanlah Yesus dihati saudara maka Saudara akan memberi dampak bagi dunia ini dengan menjadi garam dan terang dunia ini.
Kelahiran Yesus berarti kita harus melahirkan jiwa-jiwa untuk Kerajaan Sorga.
Kelahiran Yesus membawa keajaiban dan melepaskan kita dari ketakutan.

Kelahiran Yesus membawa Keajaiban
Yesus sanggup mengubah :
* Keputusasaan menjadi pengharapan.
* Kegelapan menjadi terang.
* Kemiskinan menjadi Kekayaan.
* Kekalahan menjadi Kemenangan.
* Kegagalan menjadi Kesuksesan.
* Kematian menjadi Kehidupan.
* Air biasa menjadi air anggur yang manis.
Didalam Yesus ada Kuasa dan Mujizat yang Dasyat
Yesus adalah Juruselamat yang sejati.

2. Karena kita mempunyai Juruselamat (ayat 11)
Sebagai orang percaya kita harus mengucap syukur karena Allah kita sangat dekat dengan kita, Allah yang nyata dan Dia telah menyatakan diriNya dalam rupa manusia agar semua orang mengenal Dia (Yoh. 1:8)
Dia Allah yang mengerti kesulitan kita, Dia Allah yang merasakan kelemahan kita dan Dia Allah yang turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia (Roma 8:28).
Dia Allah yang beserta kita (IMANUEL).
Tuhan Yesus berjanji bahwa Dia akan menyertai kita sampai akhir Zaman (Matius 28:20b).
Tuhan Yesus adalah Allah yang setia menemani kita dalam suka maupun duka, karena itu kita tidak perlu takut.
* Jangan takut terhadap goncangan, tantangan,masalah dan cobaan karena Yesus sanggup memberikan jalan
keluar disaat tidak ada jalan .
* Jangan takut dengan penyakit katakan dengan imanmu oleh bilur-bilurNya saya disembuhkan.
* Jangan takut terhadap kegagalan karena Dia Allah yang memberikan Kemenangan dan Keberhasilan.
* Jangan takut dengan masa depanmu yang tidak pasti karena Dia selalu memberikan damai sejahtera dan hari
depan yang penuh harapan.
* Jangan takut terhadap kekurangan karena dia Allah yang mencukupi dan Allah yang memberikan kita hidup
dalam segala kelimpahan.
* Jangan takut terhadap kematian karena mati adalah keuntungan, kita akan mendapat mahkota kehidupan
serta hidup yang kekal.
Obat takut adalah percaya pada Allah (Mazmur 56:4).Sehelai rambutpun tidak akan gugur tanpa seizin Tuhan.

3. Karena ada sejumlah bala tentara sorga (ayat 13) Kita tidak perlu takut karena ada perlindungan Tuhan, Tuhan melindungi kita dengan berpasukan tentara sorga (Mazmur 91) 
Suatu saat, sejumlah pasukan Aram yang besar dengan kuda dan kereta perang mengepung Kota Dotan tempat nabi Elisa bersama bujangnya. Pagi-pagi buta bujangnya bangun dan melihat sejumlah besar pasukan Aram yang lengkap dengan senjatanya siap menangkap tuannya.
Namun Elisa menenangkan bujangnya sambil berkata : “Jangan Takut,sebab lebih banyak yang menyertai kita daripada yang menyertai mereka.” Sungguh , bujang ini tidak takut lagi, melainkan kagum akan penyertaan Tuhan, karena dia melihat bigitu banyak malaikat Tuhan yang berada disekeliling mereka.
Sesungguhnya kalau kita melihat keadaan secara fisik kita akan menjadi takut, tetapi kalau kita melihat secara rohani, maka kita akan menyaksikan turut campur tangan Tuhan.
Jangan takut dengan masalah dan tantangan yang besar yang mengepung saudara melainkan pandanglah penyertaan Tuhan, Tuhan sekali-kali tidak akan pernah meninggalkan kita, Dia adalah Allah yang setia , sejumlah tentara sorga diperintahkanNya menyertai kita lebih banyak dari masalah yang besar.

4. Karena ada kemuliaan Tuhan ditempat yang Maha Tinggi (ayat 14)
Tuhan tidak pernah mencobai kita melebihi dari kekuatan kita, seberat apapun masalah yang kita hadapi, Tuhan sanggup menyatakan KemuliaanNya.
Dibalik setiap pertandingan pasti ada mahkota,dibalik airmata ada sukacita yang Tuhan sediakan.
Air mata Tuhan sanggup menjadikan mata air, dibalik masalah ada kemuliaan Tuhan yang dinyatakan asalkan kita selalu berharap padaNya, manfaatkanlah masalah itu untuk kita lebih intim dengan Tuhan.
Jika hari-hari ini kita sedang berada didalam lembah kekelaman, mengalami masa-masa yang paling sulit, mengalami kehidupan yang berat dan saudara sedang berada dalam persimpangan jalan, diambang keputusasaan yakinlah bahwa Yesus selalu menyertai kita, Dia akan segera menolong kita dan Yesus akan memberikan kemenangan, Dia akan menyatakan kemuliaaanNya bagi kita semua yg percaya padaNya.
Saya pernah mengalami masa-masa yang sulit dalam perjalan hidup saya, masalah saya sepertinya sudah tidak dapat saya atasi dan sudah tidak ada jalan keluar, saya jadi stess dan mau mengakhiri hidup saya namun disaat itulah saya justu berjumpa dengan Tuhan dan merasakan kasih karuniaNya, kekuatan baru dan sukacita dan kemuliaaan Tuhan dinyatakan dalam hidup saya sehingga saya mengalami keintiman yang luar biasa dengan Tuhan. Tuhan Yesus tidak pernah terlambat . Kalau ada Yesus semuanya jadi beres, kalau ada Yesus semuanya jadi baik dan hidup kita jadi berarti.

5. Karena ada damai sejahtera Allah (Ayat 14)
Kita semua sangat membutuhkan damai sejahtera, ada banyak rumah tangga yang hancur karena tidak ada damai, gereja pecah karena tidak ada damai, bisnis kacau karena tidak ada damai, konflik sedang terjadi dimana-mana karena tidak ada damai. Jika kita ingin damai sejahtera Allah kita perlu berdamai dulu dengan Allah, kita memerlukan damai sejahtera yang melampaui segala akal lalu kita berdamai dengan semua orang,
Jangan menyimpan dendam, sakit hati tetapi kita perlu merendahkan diri (hati sebagai hamba) dan melepaskan pengampunan. Pengampunan itulah yang memulihkan kita. Yesus berkata Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat, Bawalah Damai Sejahtera Allah dimanapun saudara berada maka saudara akan menjadi berkat dan berkat-berkat Tuhan akan mengikuti kita selamanya.
Yesaya 54:10
Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian Damai-Ku tidak akan bergoyang, Firman TUHAN yang mengasihi engkau.
Maju terus dalam Tuhan dan Tuhan Yesus memberkati selalu.

3 komentar:

  1. Dulu, sekarang, dan nanti, Natal selalu membangkitkan semangat, menginspirasi, dan mencerahkan (enlighten)...

    BalasHapus
  2. Puji Tuhan, Natal memberikan kekuatan, keberanian kepada setiap orang yang percaya untuk mengongsikan berita baik kepada semua orang..

    BalasHapus
  3. Amin.akhirnya Saya tahu sekarang bahwa hidup bersama Tuhan Yesus dapat mengalahkan segalahnya.Kita akan terus menjadi pemenang....Yesusku hebat Dan Maha Kuasa.trima kasi Tuhan Yesus

    BalasHapus